Makanan Khas Daerah Jawa

Hai guys, kembali lagi di website saya, Website Terkece, Terkeren, Tersuper, Ter-Hits se Indonesia:v. This time iam going to tell you about Special Foods From Java City, (ga usah sok inggris lu min:v).  map guys tadi khilap:v nah  kali ini saya akan memberitahukan kepada kalian tentang Makanan Khas Dari Daerah Jawa, sebelum itu saya akan menjelaskan kepada kalian tentang Daerah Jawa, Let's Cekidot . . .




Jawa adalah pulau yang relatif muda dan sebagian besar terbentuk dari aktivitas vulkanik. Deretan gunung-gunung berapi membentuk jajaran yang terbentang dari timur hingga barat pulau ini, dengan dataran endapan aluvial sungai di bagian utara. Pulau Jawa dipisahkan oleh selat dengan beberapa pulau utama, yakni pulau Sumatra di barat laut, pulau Kalimantan di utara, pulau Madura di timur laut, dan pulau Bali di sebelah timur. Sementara itu di sebelah selatan pulau Jawa terbentang Samudra Hindia.

Sebagian besar penduduknya bertutur dalam tiga bahasa utama. Bahasa Jawa merupakan bahasa ibu dari 100 juta penduduk Indonesia, dan sebagian besar penuturnya berdiam di Pulau Jawa. Sebagian besar penduduk adalah orang-orang dwibahasa, yang berbahasa Indonesia baik sebagai bahasa pertama maupun kedua. Dua bahasa penting lainnya adalah bahasa Sunda dan bahasa Betawi. Sebagian besar penduduk Pulau Jawa beragama Islam namun tetap terdapat beragam aliran kepercayaan, agama, kelompok etnis, serta budaya di pulau ini.

Pulau ini secara administratif terbagi menjadi enam provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten, serta dua wilayah khusus, yaitu DKI Jakarta dan DI Yogyakarta.

Siapa yang lagi berada di Pulau Jawa? nah jika anda berada di pulau jawa yang menjadi pulau terluas yang ke 13 di seluruh Dunia ini, sangat menyenangkan sekali jika anda mencicipi beraneka kuliner-kuliner lezat dari jawa timur, jawa tengah, dan jawa barat, Nah mau tau kuliner apa saja yang wajib anda coba saat berada di Jawa? inilah 8 makanan tradisional jawa terkenal paling enak. dan pastinya wajib Kelen coba yaa guys . . .



1. Rujak Cingur


Kuliner yang pertama ini memang menjadi kuliner jawa timur yang paling terkenal dan selalu membuat traveler penasaran dengan rasanya, untuk anda yang belum tau rujak cingur itu seperti apa? nah rujak cingur itu terdiri dari potongan buah-buahan yang di beri Cingur (mulut sapi), sayur-sayuran, tahu, dan bumbu rujak cingur yang terdiri dari cabe, petis, gula merah, bawang putih, kacang goreng, di ulek lalu dicampur dengan seporsi rujak cingur yang merupakan kombinasi yang sempurna. Saat anda berada di Jawa timur terutama di Surabaya wajib banget cobain kuliner yang satu ini, dijamin kalian akan di manjakan dengan 1 porsi rujak cingur, yang biasanya di nikmati dengan kerupuk!!! kebayang donk guys gimana rasanya?


2. Lontong Balap


ngengg….cit…heheh (Apaan si min, gaje:v) nah guys nama dari kuliner yang satu ini unik bukan? nah kenapa diberi nama lontong balap? karena pada jaman dahulu di jawa timur ada penjual-penjual lontong yang biasanya membawa dagangannya keliling kota Surabaya dan biasanya pedagang ini jalannya lebih kencang, makanya diberi sebutan lontong balap, sampai saat ini lontong balap masih legendaris banget di Jawa timur guys.

Untuk ada yang belum tau lotong balap itu terdiri apa saja? nah lonwtong balap itu terdiri dari lontong, touge, tahu goreng, lenthok, kecap, bawang goreng, sambal, dan siraman kuahnya yang khas rasanya, asin, manis, gurih, akan lebih nikmat jika dimakan saat hangat.


3. Tahu Tek


Tahu tek? nah nama dari kuliner yang ke tiga ini juga gak kalah unik dari kuliner yang kedua, nah guys kenapa di beri nama tahu tek? karena penjual tahu tek ini biasanya keliling dan mengetuk garpu ke penggorengannya sehingga memberikan bunyi “tek-tek-tek”, makanya di beri nama tahu tek.

Nah sudah pernah cobain tahu tek belum? tahu tek ini biasanya bisa anda temukan saat malam hari… seporsi tahu tek ini terdiri dari tahu goreng, lontong, tauge, kerupuk, kentang goreng, timun, telur, dan pastinya bumbu tahu tek yang terdiri dari bawang purih, petis, kecap, kacang goreng, cabai yang menciptakan 1 porsi tahu tek yang wenak banget!!! nah yuk buruan cobain tahu tek saat berada di Jawa, untuk menemukan tahu tek ini cukup mudah anda bisa mendapatkannya di jawa timur, jawa tengah, dan jawa barat.


4. Nasi Pecel



 Nasi pecel mungkin kuliner ini sudah terkenal di Indonesia, bahkan sampai mancanegara, nasi pecel ini adalah makanan khas jawa timur yang banyak ditemukan di surabaya, malang, dan jember. kuliner ini terdiri dari nasi dengan sayuran yang di beri lauk, lalu disiram bumbu kacang yang sedikit pedas, dan di nikmati bersama peyek, satu porsi nasi pecel ini memiliki rasa yang lezat sekali!!!


Baca Juga:



Part Selanjutnya








0 komentar "Makanan Khas Daerah Jawa", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar