Makanan Khas Lampung (Part 5)

pantengin terus yaa guys, kita ada di part yang ke 5 sekarang . . .


16. Pisro


Pisro merupakan jenis makanan dari olahan ikan yang sering disajikan sebagai jamuan makan sehari-hari masyarakat Pepadun. Dalam proses pembuatannya pisro menggunakan bahan utama ikan betok dan tembakang. Ikan yang digunakan untuk pembuatan pisro ini memang dikenal mempunyai rasa yang sangat gurih, apalagi ikan yang satu ini memiliki daging yang tebal dan juga bertekstur padat.

Sementara sayur yang digunakan untuk pembuatan pisro mempunyai perpaduan rasa yang sama, manis, pedas serta gurih. Rasa gurih yang ada pada sayur ini berasal dari terasi ikan. Selain itu, ada bahan lainnya yang dapat membuat rasa gurih pada sayur pisro yakni ikan bakar yang ada dalam kuah yang sudah dicampurkan dengan bumbu kental lainnya. Sedangkan rasa manis yang ada pada pisro ini berasal dari gula aren yang telah digiling bersamaan dengan bumbu seperti capai dan lainnya.


17. Kue Segumpal


erlu anda ketahui, jika kue segumpal ini merupakan salah satu jenis makanan khas dari Lampung yang sangat mudah untuk anda temui pada saat bulan Ramadhan. Makanan asli dari kota Lampung ini terbuat dari santan dan beras ketan. Kue segumpal ini biasanya disajikan saat ada perayaan adat dan juga saat berbuka puasa.



Ingin Makan Gratiss??? Klik Disini


18. Kue lapis Legit


Kue lapis legit merupakan salah satu makanan khas Lampung yang biasanya disajikan pada saat hari lebaran. Kue lapis legit ini memang menjadi kue warisan zaman kolonial yang hingga saat ini masih banyak digemari oleh banyak orang.

Kue lapis legit atau spekkoek memiliki ciri khas utama yakni bumbunya yang sangat harum. Jika dilihat dari bentuk kue lapis legit memang temasuk kue-kue yang memiliki bentu yang mewah. Biasanya untuk satu loyang pembuatan kue lapis legit dibutuhkan 300 gram metenga, 100 gram tepung terigu serta 30 butir telur ayam.

Selanjutnya kue ini bisa dimasukan ke dalam open ataupun juga bisa dikukus. Kue lapis legit ini menawarkan rasa yang sangat enak dan terasa lembut di lidah pada saat disantap. Selain itu, kue lapis legit ini juga terdapat rasa manis dengan aroma bumbu kue lapis legit yang sangat harum.

Dalam proses pembuatan kue ini memang sangat diperlukan ketrampilan khusus dan juga kesabaran. Karena pada saat anda membentuk lapisan pada kue ini harus dikerjakan dengan teliti. Sehingga kue lapis legit dapat berbentuk sesuai dengan apa yang anda inginkan.


19. Panggang Lampung


Apakah anda pernah mendengar jenis makanan dengan nama panggang? Jika anda belum pernah mendengarnya maka jangan pernah ngaku orang Indonesia. Panggang merupakan makanan khas dari Lampung yang proses pembuatannya harus diasapi ataupun dipanggang. Sehingga tak heran jika makanan khas Lampung ini dikenal dengan nama panggang.

Perlu diketahui, jika panggang ini menggunakan ikan sebagai bahan utama dalam pembuatannya yang kemudian di panggang ataupun di asapi di atas bara api. Proses pemanganan ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya saja anda harus menunggu hingga ikannya matang. Apabila ikan tersebut sudah matang maka anda bisa langsung memakannya.



nah mungkin itu aja si guys makanan khas dari kota lampung yang saya tau, sampai jumpa di next blog guyss, see youuuu



0 komentar "Makanan Khas Lampung (Part 5)", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar