Makanan Khas Lampung

Hai guys, kembali lagi di website saya, Website Terkece, Terkeren, Tersuper, Ter-Hits se Indonesia:v. This time iam going to tell you about Special Foods From lampung City, (ga usah sok inggris lu min:v).  map guys tadi khilap:v nah  kali ini saya akan memberitahukan kepada kalian tentang Makanan Khas Dari Kota lampung, sebelum itu saya akan menjelaskan kepada kalian tentang Kota Lampung, Let's Cekidot . . .




Lampung (Aksara Lampung: ) adalah sebuah provinsi paling selatan di Pulau Sumatra, Indonesia, dengan ibu kota Bandar Lampung. Provinsi ini memiliki dua kota yaitu Kota Bandar Lampung dan Kota Metro serta 13 kabupaten. Posisi Lampung secara geografis berada di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia, di sebelah timur dengan Laut Jawa, di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Sumatra Selatan, dan di sebelah selatan berbatasan dengan Selat Sunda.


Provinsi Lampung memiliki pelabuhan utama bernama Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bakauheni serta bandar udara utama yakni \"Radin Inten II\" terletak 28 km dari ibu kota provinsi.


Nah sekarang kita langsung saja yaa ke topik awal, yaitu tentang Makanan Khas Lampung

1. Seruit lampung


Makanan yang pertama adalah seruit. Makanan ini sangat khas sekali di lampung dan biasanya akan disajikan sebagai hidangan saat acara penikahan dan acara adat keagamaan. Makanan ini sangat istimewa dan bahkan menjadi salah satu makanan pokok masyarakat pepadun. Bahan yang digunakan untuk membuat makanan khas lampung ini adalah ikan yang dimasak dengan cara di bakar. Bumbu yang digunakan adalah terasi, tempoyak atau bahkan mangga. Tempoyak adalah daging durian yang difermentasi sehingga akan memiliki aroma sangat kuat. Namun jika anda tidak menyukai aroma tempoyak bisa memilih seruit dengan mangga segar yang menggoda.


2. Tempoyang Lampung


Makanan khas yang selanjutnya adalah tempoyang atau tempoyak. Makanan ini terbuat dari bahan dasar daging durian yang sudah matang dan kemudian difermentasikan. Cara untuk membuat makanan ini cukup mudah. Buah durian kualitas terbaik dengan kadar air yang banyak dan legit kemudian dipisahkan dengan bijinya. Selanjutnya diberi garam dan cabai. Jika sudah maka bisa disimpan di kulkas selama 5 hari. Jika sudah selesai maka tempoyang bisa digunakan sebagai pelengkap ikan bakar khas lampung. Tempoyang juga biasanya dijadikan sebagai bahan dasar sambal goreng yang khas.



Mau Makan Gratiss??? Klik Disini



3.  Gulai Taboh Lampung



Makanan khas lampung enak yang selanjutnya adalah gulai taboh. Makanan ini memiliki nama yang unik namun bahan yang digunakan sangat sederhana. Bahan utama gulai ini adalah kacang-kacangan dan juga ubi-ubian sehingga sangat sehat dan alami. Bahan tersebut akan di masak dengan menggunakan santan lalu diberi tambahan rebung serta kentang. Jika ingin merasakan gulai taboh yang berbeda maka bisa ditambahkan terasa atau daun sirih sehingga akan sangat menggoda aromanya.


4. Gabing Lampung



Gabing adalah makanan yang dibuat dengan bahan dasar batang kelapa yang masing sangat muda atau biasanya disebut sebagai pondoh. Batang muda kemudian akan dipotong menjadi lempengan tipis memanjang dengan ukuran 4 cm. Setelah itu rebus lempengan tersebut dengan air yang telah diberi bumbu khas lampung. Makanan ini memang merupakan sayur berkuah karena cara memasaknya seperti membuat sayur. Supaya terasa lebih nikmat anda bisa tambahkan daging, jamur atau bahan lainnya yang akan membuat gabing semakin istimewa.









0 komentar "Makanan Khas Lampung", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar