Makanan Khas Kota Padang (Part 3)

huuft lanjut lagi deh ke Part ke 4. . .


9.  Beras Rendang


Ketika kamu membeli galamai atau kelamai  di kios penjualan oleh-oleh, biasanya kamu juga akan mendapati beras rendang atau bareh randang yang ditata berdekatan dengan galamai. Makanan ini terbuat dari beras ketan, santan, gula, garam dan daun pandan. Dinamai beras rendang karena tepung beras ketannya direndang (disangrai) terlebih dahulu sebelum dicampur ke dalam santan.


10. Rakik Maco


Rakik maco terbuat dari bahan yang hampir sama dengan rempeyek. Hanya saja adonan tepung berasnya biasanya ditambahkan sedikit rasa pedas. Isiannya pun bukan kacang melainkan ikan kering yang dalam bahasa minang dikenal dengan sebutan maco. Jenis ikan yang dijadikan rakik maco umumnya adalah ikan petek.


11. Pinyaram


Pinyaram umumnya terbuat dari campuran gula pasir atau gula aren, tepung beras putih atau beras hitam, dan santan kelapa. Cara pembuatannya dengan digoreng di kuali yang sekaligus menjadi cetakan, rasanya seperti kue cucur. 

12. Pensi


Jika kamu menyempatkan diri berjalan-jalan di danau maninjau, cobalah cemilan yang satu ini. Pensi merupakan kerang air tawar yang terdapat di danau maninjau. Biasanya pensi dimasak dengan cara ditumis bersama cabai, bawang dan berbagai bumbu lainnya. Jika kamu yang ingin menjadikan pensi sebagai oleh-oleh, ada pensi rebus tanpa cangkang yang bisa kamu bawa.




nah Mungkin itu aja si guys dari saya, Pastinya jalan-jalanmu ke Sumatera Barat bakal lebih seru sambil ngemil cemilan-cemilan di atas. Bisa juga dibawa sebagai oleh-oleh buat keluarga di rumah. Selamat menikmati, ya!





Baca Juga:


0 komentar "Makanan Khas Kota Padang (Part 3)", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar