Makanan Ringan Khas Palembang

Hai guys, kembali lagi di website saya, Website Terkece, Terkeren, Tersuper, Ter-Hits se Indonesia:v. This time iam going to tell you about typical snacks of Palembang City, (ga usah sok inggris lu min:v).  map guys tadi khilap:v nah  kali ini saya akan memberitahukan kepada kalian tentang makanan ringan khas Palembang. Sebelum itu, kalian pasti tau kan kalo kota Palembang terkenal sebagai kota pempek, nah saya akan menjelaskan kepada kalian tentang sejarah kota Palembang. Kota Palembang adalah ibu kota provinsi Sumatra Selatan.

Jembatan Ampera di Palembang

Palembang adalah kota terbesar kedua lo di Sumatra setelah Medan. Kalian tau gak sih kalo Kota Palembang itu  memiliki luas wilayah 358,55 km² yang dihuni 1.573.898 jiwa (2018) dengan kepadatan penduduk 4.800 per km², wow sangat luas bukan. Diprediksikan pada tahun 2030 mendatang kota ini akan dihuni 2,5 Juta orang, mantapp. Pembangunan LRT (kereta api layang), dan rencana pembangunan sirkuit motor GP di kawasan Jakabaring dan sirkuit F1 di kawasan Tanjung Api-Api, merupakan proyek pengembangan Kota Palembang terkini.


Oh iya kalian tau gak sih kalo kota Palembang itu pernah menjadi ibu kota kerajaan bahari Buddha terbesar di Asia Tenggara. Kerajaan Sriwijaya, yang mendominasi Nusantara dan Semenanjung Malaya pada abad ke-9 juga membuat kota ini dikenal dengan julukan "Bumi Sriwijaya". 


Kesultanan Palembang


Berdasarkan prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang sebelah barat Kota Palembang yang menyatakan pembentukan sebuah wanua yang ditafsirkan sebagai kota pada tanggal 16 Juni 688 Masehi menjadikan kota Palembang sebagai kota tertua di Indonesia. Di dunia Barat, kota Palembang juga dijuluki Venice of the East ("Venesia dari Timur").



Nah sekarang udah tau kan sejarah kota Palembang itu gimana, nah sekarang mimin akan jelaskan ke kalian apa aja si makanan khas Palembang, cekidot 


1. Kemplang


Kemplang adalah Makanan Ringan Khas Palembang, Kemplang sendiri ada 2 jenis, yaitu kemplang ikan dan kemplang sagu. Kemplang ikan biasanya bertekstur lebih padat dibandingkan dengan kemplang sagu. Banyak orang yang salah mengartikan kemplang dan kerupuk. Perbedaan kemplang dan kerupuk yaitu pada proses pembuatannya. Kerupuk melalui proses penggorengan. Sedangkan kemplang dibakar. Biasanya kemplang dinikmati dengan saos cabe merah

2. Kerupuk Pecah Seribu 



Kerupuk pecah seribu adalah Makanan Ringan Khas Palembang yang  memiliki rasa yang khas sekali. Sebenarnya kerupuk pecah seribu ini memiliki bahan yang sama dengan kerupuk ikan biasa. Yang membedakan adalah proses penggorengannya sehingga kerupuk tersebut menjadi bertekstur seperti pecah atau retak seribu. Selain itu, terkadang kita juga menemui kerupuk ini disebut kerupuk mangkok.

3. Pindang Patin dan Pindang Tulang


Pindang adalah Makanan Ringan Khas Palembang selain pempek yang sangat terkenal. Di Palembang sendiri, ada pindang ikan patin dan pindang tulang. Jika kamu mampir ke restoran pindang di Palembang, kamu akan disuguhi pilihan menu pindang patin bagian kepala, badan atau ekor. Sedangkan pindang tulang isinya iga sapi yang disajikan dengan kuah pindang. Oh ya, bagi kamu yang tidak suka pedas jangan dicoba ya. Karena tak ada pindang yang tak pedas. Paling enak disantap dengan nasi putih, lalapan, dan sambal tempoyak atau sambal mangga.

4. Mie Celor


Mie Celor adalah Makanan Ringan Khas Palembang disajikan dengan kuah kental, ditambah dengan daging, udang, kecambah, daun bawang, dan bawang goreng. Biasanya ditambah dengan potongan telur ayam rebus. Rasanya khas sekali. Bahkan ada Indomie rasa mie celor. Namun sayangnya mie instant ini hanya bisa ditemukan di kota Palembang saja.








0 komentar "Makanan Ringan Khas Palembang", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar