Makanan Ringan Khas Palembang (Part 3)

Cus Lanjut ke Part 3...

9. Kue Bolu Suri


Kue Bolu Sari adalah Makanan Ringan Khas Palembang Harus diakui kalau tampilan dan rasa, bolu suri sedikit mirip dengan bika ambon. Namun dari komposisi dan cara pembuatan, bolu suri lebih sederhana dan lebih mudah. Bolu yang dipanggang ini juga merupakan hidangan pada hari raya di Palembang.

10. Kue Gandus


Kue Gandus adalah Makanan Ringan Khas Palembang Dengan menggunakan tepung beras dan tepung kanji, kue gandus bertekstur sangat lembut dan legit. Biasanya ditambahkan ebi atau abon, daun seledri, bawang goreng, dan potongan cabe merah. Bentuknya kecil-kecil dan bisa ditemui di pasar tradisional di Palembang. Rasanya asin pedas dan gurih. enak sekali untuk cemilan atau sarapan pagi.

11. Kue Lumpang


Kue yang berwarna hijau ini biasa disantap dengan parutan kelapa yang diberi garam dan dikukus. Asal nama kue lumpang diambil dari bentuknya yang berlubang di tengahnya. Seperti lumpang yang sering ditemui di dapur. Teksturnya empuk dan lembut. Rasanya manis di lidah. Cocok sekali untuk sarapan di pagi hari bersama dengan kopi. Kue lumpang dibuat dengan cara dikukus.
Kue Srikaya


Sengaja saya tempatkan kue srikaya berdekatan dengan kue lumpang di urutan sebelumnya. Agar bisa terlihat beda antara keduanya. Sebenarnya kue srikaya dicetak dengan cetakan mangkok yang sama dengan cetakan kue lumpang. Yang membedakan adalah warnanya tidak sehijau kue lumpang. Tekstur permukaannya juga tidak lengket seperti kue lumpang. Kue srikaya ada yang dibuat berlapis dengan ketan. Beberapa toko pempek di Palembang menyediakan kue srikaya sebagai cemilan sambil menunggu pesanan pempeknya digoreng.







0 komentar "Makanan Ringan Khas Palembang (Part 3)", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar